8 Wisata Seru dan Menarik di Jawa Tengah

No Comments


Berikut Wisata seru dan menarik di Jawa Tengah :

1.      TelagaWarna
Telaga warna adalah salah satu landmark dari tempat wisata Wonosobo.Nama dari Telaga Warna diambil karena telaga ini memiliki warna yang berbeda-beda.Telaga Warna ini memiliki legenda warga sekitar yakni warna yang muncul di permukaan telaga tersebut karena zaman dahulu kala ada cincin milik bangsawan yang jatuh kedalam telaga tersebut.Secara ilmiah, warna yang berbeda dari telaga tersebut karena adanya pembiasan cahaya pada endapan belerang di dasar telaga. 
Dominasi warna dari telaga ini adalah hijau, biru laut dan putih kekuningan.Jika ingin melihat keindahan warna dari telaga, Anda dapat mendaki kepuncak bukit yang mengelilingi telaga ini.Di daerah tepian telaga, terdapat balkon yang dapat digunakan untuk duduk bersantai menikmati keindahan telaga ini.



2.      Candi Dieng
Candi adalah sebuah symbol kepariwisataan di Jawa Tengah, termasuk Candi Dieng ini.Candi jugalah yang membuat Dieng menjadi tempat yang sakral.Di siniter dapat banyak Candi Hindu yang tersebar di berbagai lokasi.
Candi-candi yang terdapat di Dieng diberi nama sesuai dengan tokoh Mahabarata. Ada Candi Bima, Arjuna, Gatot Kaca, Srikandi, dan lain-lain.Model bangunan candi di sini mengikuti bentuk candi di India dengan ciri khas arcadan relief yang menghiasi bangunan candi.


3.      Pantai Purwahamba Indah
Pantai yang berlokasi di tepi Pulau Jawa ini merupakan salah satu tempat wisata tegal yang memiliki keindahan pantai yang memukau.Pantai ini memiliki sederet fasilitas yang sangat lengkap dari mulai kolam renang, waterboom, sepeda air, kereta mini, gazebo cafe dll.Pantai Purwahamba Indah memiliki keindahan berupa warna air pantai yang birujernih dengan ombak tak terlalu besar serta bibir pantai yang ditumbuhi nyiur yang subur.Jika anda berminat berkunjung kepantai ini anda dapat mencari lokasinya di Jalan Raya Tegal - Pemalangkam 14.



4.      Argo Wisata Loco Antik
Ingin menikmati lokomotif antic mengelilingi perkampungan dan perkebunan tebu ?Di tegal anda dapat menikmatinya yaitu di Agro Wisata Lokoantik yang dikelola oleh PG.Pangka di Kabupaten Tegal yang merupakan bagian dari PTPN IV Jawa Tengah.PG. Pangka ini merupakan perusahaan perkebunan dan pengolahan tebu peninggalan Pemerintah Kolonial Belanda yang telah di nasionalisasi sebagai perusahaan Indonesia.Selain menikmati lokomotif antik, anda juga dapat mengujungi pabrik gula dan melihat secara langsung pembuatan gula pasir yang dilakukan dengan menggunakan mesin serta pada saat-saat tertentu khususnya sebelum musim dimulai akan dilaksanakan ritual teman tentebu, yang intinya adalah wujud rasa sukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil panen yang didapat pada tahun tersebut.


5.      Alun alun Kota Magelang
Kalau jalan-jalan keJawa Tengah tanpa singgah kealun-alun kota magelang rasanya ada yang berkurang. Selain karna memang strategis letaknya di tengah kota, di wisata kota magelang ini anda juga bisa berfotoria di dekat menara air yang menjadi icon magelang saatini. Menara air ini merupakan bangunan peninggalan belanda, yang sampai saat ini masih berfungsi dengan baik.
Alun-alun kota magelang di samping dekat dengan tempat peribadatan bagi umat islam, kristen, katholik dan konghucu, Disana anda juga dapat membeli oleh-oleh karena ada juga pusat perbelanjaan seperti matahari, gardena, dan pecinan. Ada pun ketinggian menara yang berbentuk unik tersebut 15 meter dan sekarang bangunan tersebut digunakan untuk menampung air guna kebutuhan warga kota magelang. Padahari-hari liburan tau hari-hari tertentu alun-alun kota tidak pernah sepi dari pengunjung, baiksiang maupun di malam hari karena memang di buka untuk umum, adahiburankonser band, danadaberagamkuliner yang siap untuk menemani waktu santai anda.


.      Pagoda Buddha gaya Watugong
Vihara Buddha gaya Watugong juga merupakan salah satu tempat ibadah di Semarang yang juga dijadikan sebagai destinasi objek wisata kota Semarang. Vihara ini memang baru diresmikan pada tahun 2006 lalu namun sudah banyak menarik minat pa wisatawan.Selain bangunannya yang unik, bagus, dan beragam, vihara ini juga telah dinyatakan sebagai pagoda tertinggi di Indonesia oleh MURI.Tempat wisata di Semarang ini merupakan kompleks yang luas dan berisi banyak bangunan.Yang paling terkenal di vihara ini adalah Pagoda Avaloki tesvara atau biasanya disebut juga dengan Pagoda Metakaruna.Nama ini memiliki arti pagoda cita dan kasih sayang.Menurut sejarahnya pagoda ini didirikan untuk menghormati Dewi Kwan SieIm Po Sat yang oleh orang Budha dipercaya sebagai dewi kasih sayang.Bukahanya pagoda-pagodanya yang menarik yang membuat wisata daerah semarang ini patut untuk dikunjungi. Di komplek vihara ini anda juga akan menemukan cotege jadi tak perlu bingung mencari tempat menginap jika anda berniat untuk bermalam di kota Semarang. Mengunjungi tempat ini anda akan melihat sebuah kompleks vihara yang tertatar api dengan suasana lingkungan yang asri.


Sumur Jalat unda

Sumur Jalat unda berlokasi di Desa Pekasiran, Kecamatan Bantur, Kabupaten Banjar negara, kurang lebih sekitar 12 km di sebelah barat lokasi utama wisata Dieng. Sumur Jalat unda ini dulunya adalah sebuah ceruk rekahan kawah yang kemudian digenangi oleh air dengan diameter 90 meter dan kedalaman lebih dari 200 meter.Karena air yang menggenang ini ceruk tersebut tampak seperti sumur.Untuk mencapai tempat wisata wonosobo ini Anda harus menyiapkan fisik untuk menaikai 257 anak tangga.Pada anak tangga terakhir, Anda akan menemukan tumpukan kerikil beralaskan karung beras, Menurut mitos masyarakat setempat, barang siapa yang dapat melempar kerikil dari seberang sumur keseberang yang berlawanan, maka harapannya bisa terkabul. Oleh karena itu, ketika Anda mengunjungi sumur ini, Anda akan menemukan para penjual batu kerikil. Harga yang dipatok untuk batukerikiltersebutsebesar 500 rupiah.Banyak wisatawan yang mencoba peruntungannya dengan melempar batu kerikil ini.



8.      Wisata Air Gerbang Mas Bahari Waterpark (GMBW)

Yang terakhir yakni Wisata air Gerbang Mas Bahari Waterpark yang juga merupakan salah satu tempat wisata tegal. Tempat wisata ini sangat cocok untuk wisata bersama keluarga anda terutama saat musim liburan tiba.Di tempat wisata ini terdapat berbagai macam wahana yang siap dinikmati putra-putri kita.Hanya dengan tiket masuk seharga 15.000 pada hari biasa atau 25.000 pada hari Sabtu, Minggu dan Libur Nasional maka anda dapat menikmati berbagai macam permainan air seperti kolam renang, kolam ombak, wet futsal, kiddy pool dll.


Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar