Beberapa Kuliner Khas Bogor Yang Patut Untuk Dicoba

No Comments
Bogor yang terletak bersebelahan dengan Ibukota DKI Jakarta memang menyimpan beragam kekayaan baik berupa tempat wisata maupun kuliner khas Bogor. Banyak yang menyangka Bogor identik hanya dengan singkong rebusnya, padahal pada kenyataannya banyak tersebar kuliner khas Bogor. Bogor terkenal dengan lingkungannya yang selalu mendung dan hujan sehingga sebagian kondisi disana berhawa dingin. Tidak heran makanan khas Bogor kebanyakan disajikan dalam keadaan panas karena menyesuaikan dengan kondisi suhu disana. Untuk menemani perjalanan anda lebih baik anda menggunakan mobil toyota avanza karena  memiliki ground clearance atau ketinggian dari tanah mobil ini mencapai 200 mm. Soal konsumsi bahan bakar, LMPV ini tergolong hemat BBM dan dapat menampung kapasitas hingga 7 penumpang. Dan langsung saja, berikut adalah beberapa kuliner khas bogoryang wajib untuk kalian kunjungi.




1.      Asinan Bogor
Tempat kuliner khas bogoryang pertama adalah asinan bogor. Asinan Bogor adalah salah satu makanan khas Bogor paling terkenal. Seperti namanya, asinan Bogor rasanya asin namun sedikit agak asam karena ada campuran asam cuka. Jajanan khas Bogor ini biasanya dijajakan di sekolah-sekolah dan bernilai gizi tinggi. Kenapa bernilai gizi tinggi? Sebab bahan utama untuk membuat asinan adalah campuran berbagai macam sayuran. Namun sekarang bukan hanya sayuran yang dijadikan sebagai asinan, ada asinan buah, asinan buah dan sayur. Yang istimewanya adalah adanya perpaduan rasa asin, asam dan pedas dan gurihnya kerupuk sehingga membuat rasa asinan Bogor begitu istimewa.


2.      Toge goreng
Kuliner khas bogoryang enak dan murah meriah ini sebenarnya tidak dimasak dengan cara digoreng, melainkan direbus. Toge yang direbus, dicampur dengan mie telor kuning dan irisan tahu goreng(terkadang juga ditambah dengan ketupat). Campuran ini lalu disiram dengan bumbu berbahan dasar oncom dan tauco dan diberi tambahan kecap manis. Rasanya sangat sedap dengan sensasi manis dan asin. Toge goreng ini sangat nikmat disantap dalam kondisi masih hangat, apalagi bila hujan sedang turun.



3.      Bapatong
Bapatong adalah kepanjangan dari Bakso Kupat Gentong. Meskipun namanya bakso, namun berbeda dengan bakso pada umumnya. Bapatong disajikan dengan menggunakan ketupat yang dipotong ditambah lagi daging iga sapi yang dipotong-potong sehingga semakin menambah nikmat rasanya. Yang paling istimewa dari Kuliner khas bogor ini adalah kuahnya yang dimasak di dalam gentong tentu memiliki citarasa yang unik dan nikmat. Jika kalian mau menikmati lezatnya Bapatong khas Bogor, bisa datang ke kedainya di Jalan Pangrango No. 1 Bogor.


4.      Laksa Bogor
Laksa Bogor adalah makanan khas Bogor yang cukup terkenal dan sudah biasa dijadikan sebagai Kuliner khas bogor. Meskipun begitu, laksa Bogor juga layak dijadikan santapan sehari-hari. Di Jakarta juga terdapat makanan khas Betawi yang bernama laksa namun berbeda dengan laksa Bogor. Laksa Bogor memiliki citarasa khas karena adanya taburan oncom di dalamnya. Jika dilihat teksturnya lebih kasar karena ada taburan parutan kelapanya. Laksa bogor juga terdapat tahu kuning dan telur rebus. Perbedaan lainnya adalah laksa bogor tanpa campuran mie, namun menggunakan ketupat/ lontong dan bihun. Agar lebih semarak dan wangi, laksa bogor biasa di taburi dengan toge rebus dan daun kemangi segar. Adanya taburan serundeng goreng, makin membuat gurih dan segar laksa bogor. Bagi yang mau mencoba enaknya rasa laksa Bogor, bisa ke kedainya di Gang Aut jalan Suryakencana.



Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar