Resep Kue Pancong Khas Jakarta Dan Juga Bandung

No Comments
Di kesempatan kali ini saya akan mencoba membagikan resep dan tata cara pembuatan kue pancong bahan tepung beras dengan campuran kelapa parut manis enak. Kue tradisional jajanan pasar ini sangat mudah untuk ditemukan di pasar – pasar tradisional maupun pedagang asongan keliling. Harga kue pancong ini juga lumayan murah meriah namun rasanya manis dan enak serta gurih karena adanya campuran kelapa parut. Kue basah asli betawi ini yakni kue pancong menjadi ciri khas jajanan betawi yang cukup enak dan laris manis.Resep kue pancong paling terkenal adalah resep kue pancong betawi dan resep kue pancong bandung ( bandros ).

Sebenarnya beberapa daerah punya resep tersendiri tetapi dengan nama – nama  yang berbeda pula, seperti di jawa dinamakan sebagai kue rangin, sedangkan di daerah bali dikenal dengan nama haluman. Cara membuat kue pancong ini cukup sederhana dan mudah. Keunikannya justru terletak dari penggunaan bahan bahan utama kue pancong yang berbeda. Bahan dasar kue pancong betawi adalah tepung beras dicampur  dengan santan dan juga taburan gula pasir. Sedangkan cara membuat kue pancong bandung yakni campuran tepung terigu dan gula pasir serta tambahan bahan pelengkap lainnya.
itulah salah satu keunikan kue tradisional indonesia yang setiap daerah mempunyai ciri khas tersendiri. Pada update kali ini saya akan membagikan resep cara membuat kue pancong khas dari betawi dan sekaligus tata cara pembuatan kue pancong bandung. Tetapi sebelumnya anda membuat kue pancong, dan berikut ini adalah resep kue pancong khas dari betawi, yaitu :

Resep cara membuat kue pancong khas Betawi / Jakarta 
Hasil gambar untuk Resep cara membuat kue pancong khas Betawi / Jakarta
Bahan bahan
Tepung beras  1 gelas.
Santan kental 1 setengah gelas.
Kelapa parut 1 gelas.
Garam  1 sendok teh.
Vanili : setengah sendok teh.
Gula pasir  secukupnya untuk taburan.

Cara membuat kue pancong betawi asli
Pertama – tama anda harus mengambil wadah dengan besar cukup untuk menampung adonan.
Kemudian Masukkan bahan bahan ( tepung beras + kelapa parut + garam + santan ) dan aduk aduk hingga bercampur sempurna dan pastikan tidak ada gumpalan gumpalan.
Lalu siapakan cetakan kue pancong dan letakkan di atas bara api / kompor.
Olesi dengan sedikit minyak goreng ( dengan kuas yang bersih ) dan masukkan adonan kue pancong seperlunya.
Saat setengah matang taburkan gula pasir hingga rata dan tutup sebentar.
Tunggu hingga matang yang ditandai dengan tampilan kue pancong sedikit coklat pada pinggirnya dan angkat.
Kue pancong yang anda buat sudah siap untuk di sajikan 

Resep cara membuat kue pancong bandung ( Bandros )
Hasil gambar untuk Resep cara membuat kue pancong bandung ( Bandros )
Kue tradisional jajanan pasar ini telah jadi kue favorit di beberapa daerah salah satunya adalah di daerah bandung dan sekitarnya yang di kenal dengan nama kue bandros. Meskipun tampilannya serupa namun bahan utama yang digunakan berbeda kalau kue pancong jakarta yang memenggunakan tepung beras, maka kalau di bandung dengan tepung terigu.

Cara membuat kue pancong ala bandung ini yakni dengan bahan utama tepung terigu, santan kelapa, kelapa parut, dan garam serta gula pasir untuk taburan di atasnya. Cara membuatnya sama persis dengan kue pancong tepung beras hanya berbeda bahan saja ( tepung beras di ganti tepung terigu.

Tetapi untuk memberikan sedikit hiasan dan juga rasa yang berbeda anda dapat menambahkan taburan gula pasir di ganti dengan keju parut, meses, susu coklat kental yang bisa anda beli di supermarket terdekat dengan menggunakan toyota sienta kesayangan anda singkat kata itulah tips singkat saya dalam pembuatan kue pancong khas dari daerah jakarta dan juga bandung selamat mencobanya
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar