Toyota Komitmen Investasi Proyek Mobil Listrik di RI Rp28 Triliun

No Comments

 

 Toyota Motor Corporation menyatakan komitmennya kepada pemerintah Indonesia untuk menggelontorkan investasi untuk pengembangan proyek kendaraan listrik.

Toyota menyiapkan dana investasi hingga US$2 miliar atau setara Rp28,4 triliun (kurs Rp14.200 per dolar AS) dalam lima tahun ke depan serta menyiapkan 10 jenis kendaraan listrik bagi konsumen Indonesia.

Demikian disampaikan Asia Region Chief Executive Officer (CEO) Toyota Motor Corporation, Yoichi Miyazaki, saat mengadakan pertemuan dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, Selasa, 8 Desember 2020.

"Toyota berkomitmen penuh untuk mendukung upaya pemerintah Indonesia dalam mengurangi emisi, dan juga mengurangi impor minyak bagi kendaraan bermotor,” ungkap dia.

Dengan komitmen pemerintah untuk mengembangkan kendaraan listrik, Toyota memperkirakan konsumsi bahan bakar akan mengalami penurunan hingga 126 juta liter pada 2025.

"Setidaknya, dalam lima tahun ke depan, Toyota sudah menyiapkan 10 jenis kendaraan listrik bagi konsumen Indonesia. Teknologi kendaraan Toyota juga sudah siap untuk mendukung penerapan B30 di Indonesia," ungkapnya.

Menyambut baik adanya rencana investasi yang akan dilakukan Toyota, Airlangga berharap investasi itu dapat membuka lapangan kerja dan meningkatkan keahlian angkatan kerja Indonesia.

"Apalagi Indonesia tengah menghadapi bonus demografi atau peningkatan jumlah penduduk usia produktif," tutur Airlangga.

Airlangga juga menyambut baik rencana Toyota membuat proyek EV Smart Mobility di Bali sebagai bagian untuk mendukung penggunaan kendaraan listrik dalam ekosistem eco-tourism di Nusa Dua, Bali.

"Pemerintah akan memberi dukungan yang diperlukan oleh Toyota dalam rangka pengembangan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai dalam bentuk regulasi, insentif fiskal, dan non fiskal," ucap dia. (art)

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar