Toyota Juga Pernah Saingi Honda Jual Sepeda Motor

No Comments

 

Toyota dikenal masyarakat Indonesia sebagai perusahaan otomotif, yang produknya laku keras di Indonesia. Pabrikan asal Jepang ini mendominasi daftar merek dan model kendaraan bermotor terlaris, selama bertahun-tahun.

Beberapa model mobil yang dihadirkan bahkan dikategorikan sebagai kendaraan legendaris, karena sejarahnya yang panjang serta menoreh banyak prestasi. Mulai dari Kijang hingga Avanza.

Namun, ada satu hal yang belum banyak diketahui orang soal Toyota, yakni saat mereka memproduksi kendaraan usai Perang Dunia II.

seorang warga Jepang bernama Sakichi Toyoda awalnya melakoni bisnis pembuatan mesin tenun pada era 1920-an.

Pada 1933, ia mempercayakan putranya, Kiichiro Toyoda untuk menjalankan perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi mobil. Akhirnya pada 1937, berdiri perusahaan Toyota.

Salah satu karyawan bernama Kazuo Kawamata berdiskusi dengan Toyoda, soal potensi memproduksi kendaraan bermotor roda dua. Alasannya, usai Perang Dunia II banyak warga yang membutuhkan kendaraan murah.

Akhirnya, pada 1949 Kazuo mendirikan perusahaan yang diberi nama Toyo Motor, yang bernaung di bawah Toyota. Pabrikan ini mulai memproduksi sepeda bermotor, dan cukup diminati oleh konsumen.

Pada saat bersamaan, Soichiro Honda yang sebelumnya menjual pabrik pembuatan komponen mesin ke Toyota memutuskan untuk melakukan hal yang sama, yakni merakit sepeda yang dipasangi mesin.

Sementara itu, sepeda motor buatan Kazuo awalnya sempat laku 10 ribu unit per tahun, sebelum akhirnya mengalami masalah dalam hal pengembangan dan resmi tutup pada 1960.

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar